Hanya ada dua cara untuk menjalani hidup Anda. Yang pertama dengan menganggap tak ada satu pun keajaiban di dalam hidup Anda. Atau yang kedua, dengan menganggap segala hal dalam hidup Anda adalah keajaiban

BAHAYA JEJARING SOSIAL

Meningkatnya akses melalui situs jejaring sosial mungkin membawa pekerjaan rumah seniri untuk sistem administrator jaringan di perusahaan. Jika mendapat kiriman bernada membujuk untuk membuka situs tertentu, jangan langsung di-klik. Jangan-jangan itu virus.

Kalau di amati, penyebaran virus, spam, atau software perusak computer lainya mulai memanfaatkan situs jejaring social sebagai media penyebaranya. Begitu dapat masuk dalam salah satu jejaring social, spam atau virus leluasa menyebar. Pengguna yang banyak membuat penyebaran makin mudah. Dengan banyak pengguna jejaring sosial, itu adalah “pasar” yang empuk bagi para perusak.

Menurut riset yang diadakan oleh salah satu perusahaan keamanan WatchGuard, ancaman yang paling cepat perkembangannya saat ini adalah melalui situs-situs jejaring social. Menurutnya, ancaman lain yang tidak kalah penting seperti penurunan produktivitas karyawan dan ancaman terhadap jaringan perusahaan. WatchGuard pun menyusun daftar mediansosial yang beresiko tinggi berdasarkan risetnya.

1.      Facebook

Facebook menjadi situs jejaring sosial yang paling berbahayasaat ini, karena begitu populernya di kalangan pengguna, termasuk bisnis. Jika bisa menembus jejaring social ini, dengan mudah spam atau virus menyebar. Dengan lebih dari 500 juta pengguna, Facebook menjadi lahan subur bagi peretas ( hacker ). Ditambah lagi sejumlah kekhawatiran teknis, seperti open App API ( Application Programming Interface ).

Jika curiga ada teman yang tiba-tiba menulis status yang berbeda dengan gaya biasanya, jangan terpancing. Banyak spam atau virus yang meluncur akibat tangan gatal untuk meng-klik-nya. Pesan- pesan aneh itu akan mengirim pengguna membuka link situs berbahaya.

2.      Twitter

Banyak orang tidak mengira ancaman bisa datang hanya dari 140 karakter. Itu adalah asumsi yang salah. Dalam beberapa kasus, posting Twitter yang pendek justru menciptakan kelemahan dari penyingkat URL.

Fasilitas penyingkat URL ini memang bisa menghemat karakter, namun bisa di salahgunakan peretas untuk membuat tautan-tautan berbahaya. Selain itu, Twitter terancam serangan dari kelemahan terkait Web 2.0 dan API, termasuk juga worm.

3.      YouTube

Sebagai salah satu situs video terpopuler di Internet, para peretas juga mengincar YouTube. Para peretas sering membuat laman web berbahaya yang menyamar sebagai laman video YouTube. Bukan hanya menyelipkan laman web berbahaya, para penyerang juga sering membanjiri bagian komentar dari YouTube dengan spam dan tautan-tautan berbahaya.

4.      Linkedin

Linkedin membawa beban lebih berat karena situs ini umumnya berorientasi bisnis. Justru karena orientasi bisnis itu maka hal ini juga menarik minat peretas karena sifatnya yang sangat terpercaya.

Oleh karena pengguna Linkedin banyak menggunakan situs ini untuk menjalin relasi bisnis, mereka umumnya menampilkan informasi yang bisa jadi sensitif dan rahasia tentang pekerjaan atau perusahaan, tanpa mereka sadari. Itu menjadi sasaran peretes. Sebaiknya berhati- hati jika mendapati pesan yang tidak wajar.

5.      4chan

4chan adalah situs berbagi menggunakan gambar yang cukup popular. 4chan sudah banyak terlibat dalam berbagai serangan Internet terkait ‘anonymous’ yang merupakan satu-satunya username yang didapatkan penggunanya. “Para hacker membanjiri forum 4chan dengan spam,” kata Wang dari WatchGuard.

6.      Chatroulatte

Situs ini memungkinkan pengguna kamera web melakukan chat dengan orang lain secara acak. Sifat website yang anonim ini menjadi target empuk bagi para pemasang Internet.

Bisnis semakin membutuhkan peralatan keamanan untuk mengelola banyaknya aplikasi web yang mengalir masuk ke jaringan korporasi. Yang lebih penting, solusi apa yang dimiliki untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. WatchGuard Application Control adalah salah satu firewall yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan tersebut.

Apa keistimewaan yang bisa dimanfaatkan dari WitchGuard Application Control? Para administrator TI bisa memilih untuk mengizinkan, memblokir, atau membatasi akses ke aplikasi berdasarkan departemen, fungsi kerja, waktu dan hari, sekaligus membuat laporan keuangan.

Ada lagi fitur save search engine. Fitur ini berguna untuk mengontrol pengguna search engine, termasuk pengguna anak-anak. Dengan fitur ini siapa pun yang membuka atau menonton konten tertentu yang melanggar norma social, akan tampak. Dengan demikian administrator bisa mengawasi lalu lintas jaringan dari kegiatan yang merugikan perusahaan. Memang solusi ini tidak mengutamakan privasi pemakai computer, tetapi tentu saja itu pun kembali pada kebijakan terhadap pemakaian fasilitas computer dan internet di perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s